Mengapa Supervisi Pendidikan Di Indonesia Tidak Memberikan Dampak Yang Signifikan
Mengapa supervisi pendidikan di indonesia tidak memberikan dampak yang signifikan
Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa supervisi pendidikan memberikan pengaruh penting bagi peningkatan kemampuan profesionalisme guru terutama untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.
Bagaimana permasalahan dalam pelaksanaan supervisi pendidikan?
Permasalahan dalam pelaksanaan supervisi pendidikan terkait sumber daya guru di sekolah adalah rendahnya motivasi guru untuk di supervisi karena guru cenderung memandang negatif supervisi yang mengasumsikan bahwa supervisi merupakan model pengawasan terhadap guru dengan menekan kebebasan guru untuk menyampaikan
Apa problem pelaksanaan supervisi di sekolah?
Kendala-kendala yang dihadapi pada pelaksanaan supervisi akademik yaitu kurangnya supervisi yang dilakukan oleh pengawas Diknas, keterbatasan waktu kepala sekolah untuk mensupervisi guru sosiologi, kurangnya guru senior/sejawat untuk membantu kepala sekolah pada pelaksanaan supervisi akademik serta kurangnya dana dalam
Bagaimana jika kepala sekolah tidak melakukan supervisi dengan baik dan apa dampak nya bagi guru?
Jika kepala sekolah tidak sering melakukan pembinaan baik secara langsung maupun dalam hal seminar kepada guru, itu akan membuat kualitas serta potensi guru tidak meningkat yang mana juga tidak meningkatkan proses pembelajaran dalam sekolah tersebut.
Mengapa supervisi masih diperlukan oleh guru walaupun sudah profesional dalam menjalankan tugasnya?
Supervisi mengembangkan dan meningkatkan kualitas guru sehingga guru tersebut dapat berkembang dalam pekerjaannya. Kegiatan supervisi dilaksanakan melalui berbagai proses pemecahan masalah pengajaran. Tujuannya adalah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses belajar-mengajar.
Mengapa supervisi pendidikan menjadi hal yang penting dalam pengembangan profesionalisme tenaga pendidik jelaskan?
Peranan supervisi akademik kepala sekolah dan profesionalisme guru di sekolah sangat besar, karena supervisi yang dilakukan kepala sekolah secara terus menerus dan kontinu dapat meningkatkan mutu pembelajaran yang pada akhirnya dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.
Apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan supervisi?
Faktor pendukung pelaksanaan supervisi akademik adalah pemberian motivasi kepada guru, agar guru terdorong sehingga mau belajar dan melatih metode belajar yang lebih efektif dan efisien. Sedangkan faktor penghambat adalah alokasi waktu yang kurang dalam pelaksanaan supervisi akademik, karena banyak sekolah yang harus
Bagaimana alternatif pemecahan permasalahan pelaksanaan supervisi pendidikan di sekolah?
Sedangkan alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut antara lain: 1. Dilakukan pendelegasian wewenang oleh kepala sekolah kepada guru-guru senior 2. Pemberian motivasi kepada para guru akan pentingnya supervisi pendidikan 3. Dilakukan pembinaan oleh kepala sekolah kepada guru-guru senior yang ditunjuk sebagai
Faktor faktor apa saja yang mempengaruhi supervisi pendidikan?
Faktor-faktor yang mempengaruhi supervisi adalah sebagai berikut : 1) Lingkungan masyarakat tempat madrasah berada, 2) Besar kecilnya madrasah yang menjadi tanggung jawab kepala madrasah, 3) Tingkatan dan jenis madrasah, 4) Keadaan guru-guru dan pegawai yang tersedia, 5) Kecakapan dan keahlian kepala madrasah itu
Kendala apa saja yang dihadapi kepala sekolah dalam mensupervisi guru?
Hasil penelitian berdasarkan hasil wawancara dengan kepala sekolah, menunjukkan bahwa hambatan kepala sekolah yang dihadapi dalam pelaksanaan supervisi akademik adalah: guru yang berhalangan hadir waktu pelaksanaan supervisi, adanya guru yang gugup ketika dilakukan supervisi oleh kepala sekolah, adanya guru yang belum
Apa solusi yang dilakukan kepala sekolah sebagai supervisor apabila program supervisi tidak terlaksana dengan baik atau tidak sesuai dengan jadwalnya?
Jawaban. Melakukan program supervisi susulan.
Kendala apa saja yang dihadapi supervisor?
Beberapa masalah yang sering dihadapi supervisor: 1. Bawahan sulit di atur. 2. Bawahan terlalu banyak sehingga sulit mengontrolnya. 3. Bawahan lebih senior dari saya. 4. Manajer hanya tahu memarahi supervisor.
Apakah yang menentukan keberhasilan supervisi yang dilakukan kepala sekolah?
Hal.334-335 BAB III KESIMPULAN Keberhasilan supervisi dan pengawasan yang dilakukan baik oleh kepala sekolah maupun pengawas pendidikan tidak terlepas dari beberapa faktor yang sudah disebutkan diatas, diantaranya (1) Lingkungan masyarakat tempat sekolah itu berada, (2) Besar kecilnya sekolah yang menjadi tanggung
Bagaimana pelaksanaan supervisi pendidikan yang baik?
pelaksanaan supervisi dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu:
- Perencanaan. Kegiatan perencanaan mengacu pada kegiatan identifikasi permasalahan.
- Pelaksanaan. Kegiatan pelaksanaan merupakan kegiatan nyata yang dilakukan untuk memperbaiki atau meningkatkan kemampuan Pendidik. ...
- Evaluasi. ...
- Tindak Lanjut.
Berapa kali idealnya supervisi dilakukan jelaskan mengapa hal tersebut dilakukan?
Idealnya, supervisi dilaksanakan selama 2 kali dalam satu semester, di awal dan diakhir semester. Di awal semester, supervisi berfungsi untuk melihat kemampuan guru dalam melaksanakan tugas pembelajaran di dalam kelas.
Mengapa supervisi dalam pendidikan lebih utama ditujukan kepada para guru?
Kegiatan supervisi pendidikan sangat diperlukan oleh guru, karena bagi guru yang bekerja setiap hari di sekolah, tidak ada pihak lain yang lebih dekat dan mengetahui dari dalam segala kegiatannya, kecuali Kepala Sekolah. Guru merupakan salah satu faktor penentu rendahnya mutu hasil pendidikan.
Apa tujuan supervisi yang dilaksanakan di Indonesia saat ini?
Sahertian (2000) menyatakan bahwa tujuan supervisi adalah memberikan layanan dan bantuan untuk meningkatkan kualitas mengajar guru di kelas yang pada gilirannya untuk meningkatkan kualitas belajar peserta didik. Bukan saja memperbaiki kemampuan mengajar tetapi juga mengembangkan potensi kualitas guru.
Bagaimana peran guru dalam supervisi pendidikan?
Kabarsumbawa.com – Peran guru sebagai supervisor terkait dengan pemberian bimbingan dan pengawasan kepada peserta didik, memahami permasalahan yang dihadapi peserta didik, menemukan permasalahan yang terkait dengan proses pembelajaran, dan akhirnya memberikan jalan keluar pemecahan masalahnya.
Mengapa supervisi pendidikan penting untuk diadakan jelaskan dalam berbagai perspektif?
Diperlukanadanya supervisi pendidikan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan membentukkarakter siswa sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran serta mencapai tujuanpendidikan secara nasional.
Faktor apa saja yang mendukung pelaksanaan supervisi?
Faktor-faktor yang mendukung antara lain program supervisi yang telahdisusun, komitmen terhadap tugas, dan tanggung jawab, motivasi serta penilaian terhadap kinerja kepala sekolah.
Post a Comment for "Mengapa Supervisi Pendidikan Di Indonesia Tidak Memberikan Dampak Yang Signifikan"